Inilah Hewan Unik dengan Kelebihan Langka

Inilah Hewan Unik dengan Kelebihan Langka – Seperti yang banyak kita ketahui bahwa di dunia ini terdapat banyak sekali hewan yang bahkan belum dapat di ketahui identitasnya. Keanekaragaman hayati merupakan salah satu alasan adanya keseimbangan dan keberlanjutan alam yang menyokong bentuk-bentuk kehidupan. Bentuk kehidupan dalam suatu ekosistem juga beragam, memiliki ciri dan fitur yang sesuai dengan ekosistem tersebut. Karena keragaman yang begitu banyak dan luas, makhluk hidup dibagi dalam beberapa kelompok klasifikasi agar mudah dikenali.

Hewan merupakan salah satu dari lima kelompok klasifikasi makhluk hidup. Klasifikasi dalam kelompok hewan juga beragam. Hewan yang saling berkaitan umumnya memiliki bentuk ataupun ciri fisik yang terlihat mirip. Tetapi beberapa hewan memiliki perbedaan mencolok yang membuatnya terlihat unik. Keunikan-keunikan hewan tersebut sering mengundang decak kagum sekaligus tanda tanya. Apa-apa saja hewan unik tersebut? Simak daftar berikut.

Inilah Hewan Unik dengan Kelebihan Langka

1. Hagfish
Walau berbentuk mirip seperti belut, hagfish bukanlah bagian dari kelas ataupun keluarga belut. Dalam taksonomi hewan, hagfish masuk ke dalam kelas Agnatha yaitu kelompok ikan yang tidak memiliki rahang. Secara fisik, hagfish sangat unik karena merupakan satu-satunya vertebrata yang memiliki tengkorak, tetapi tidak memiliki tulang belakang.

Keunikan lain dari hagfish adalah animal kemampuannya memproduksi slime. Slime dari hagfish berbentuk seperti gel bening dan kental, terlihat seperti putih telur tetapi kuat dan kohesif. Slime ini cukup kental, sehingga dapat diambil dengan tangan kosong dan direntangkan. Ikan tersebut akan mengeluarkan slime mereka ketika berada dalam bahaya, saat stress dan saat mereka makan.

2. Hammerhead worm
Hammerhead worm cukup mudah dikenali karena memiliki keunikan di bagian kepala, yang berbentuk seperti martil. Cacing dengan nama Latin Bipalium sp. ini merupakan hewan karnivora. Cacing ini umumnya memakan cacing tanah, tetapi juga memakan sesama hammerhead worm.

Walau hammerhead worm merupakan hewan hermafrodit, mereka lebih sering berkembang biak dengan beregenerasi, yaitu membelah dirinya. Karena merupakan predator, cacing ini memiliki racun berupa neurotoxin yang digunakan untuk melumpuhkan mangsanya. Jika disentuh oleh manusia, racun tersebut dapat menimbulkan iritasi.

Jika menemukan hewan ini, jangan disentuh dengan tangan kosong, dan jangan dipotong. Akan lebih baik jika membuang hewan ini secara utuh, dan pastikan tidak ada bagian tubuhnya yang tertinggal.

3. Gulper eel
Gulper eel adalah hewan yang hidup di kedalaman laut, dan memiliki fitur yang paling mencolok dibandingkan spesies belut lainnya. Mulut gulper eel sangat besar, jauh melebihi ukuran tubuhnya. Rahang bawahnya memiliki kantong yang dapat dilebarkan, membuat ikan ini mirip seperti burung pelikan, sehingga belut ini sering juga disebut belut pelikan atau pelican eel.

Belut yang berwarna hitam ini berukuran cukup pendek dibandingkan belut lainnya, yakni hanya berukuran sekitar 2-3 kaki. Untuk dapat menangkap mangsa, belut ini akan melebarkan mulutnya seperti balon. Hewan bernama Latin Eurypharynx pelecanoides ini umumnya memangsa udang, ikan-ikan kecil dan hewan Cephalopoda lainnya.

4. Zorse
Zorse merupakan hewan hasil persilangan antara zebra jantan dengan kuda betina. Karena merupakan hasil kawin silang, hewan ini memiliki fitur yang unik dan mencolok. Zorse memiliki tempramen dan bentuk fisik seperti kuda dan respon flight yang kuat dan corak bergaris seperti zebra. Hewan ini memiliki penglihatan malam yang lebih baik dari manusia, dan diketahui memiliki luas penglihatan hampir mencapai 360 derajat, yang mana titik buta mereka hanya di bagian depan hidung dan tepat di bagian belakang tubuh mereka.

Layaknya hewan hibrida lainnya, zorse tidak dapat berkembang biak sendiri. Hewan ini memiliki nama Latin spesies E. zebra + caballus, dan dapat ditemukan di kebun binatang. Telinganya yang besar dan lubang hidung yang lebar membuat zorse memiliki indra pendengaran dan penciuman yang tajam. Hewan ini juga mewarisi kekebalan terhadap penyakit yang dibawa oleh lalat Tse Tse, yang dimiliki oleh zebra. Zorse relatif ramah dan menghabiskan hari-harinya dengan merumput.